Warung Online

October 10, 2011

PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN

PENDAHULUAN

Dalam memecahkan masalah suatu perusahaan, perlu dilakukan pendekatan sistem. Pendekatan sistem terdiri dari persiapan, definisi, dan solusi.

PEMBAHASAN

Pendekatan Sistem

Pemahaman dasar pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

Pemecahan masalah bisa didefinisikan sebagai tindakan merespon terhadap masalah untuk meminimalkan kerugian atau memanfaatkan peluang keuntungannya. Pentingnya pemecahan masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang dihabiskan tetapi pada konsekuensinya.

Pembuatan keputusan adalah tindakan memilih suatu strategi atau kegiatan yang dibuat oleh manajer agar memberikan solusi terbaik atas suatu masalah. Dalam memecahkan masalah manajer harus mengidentifikasi semua berbagai alternative keputusan.

Tahapan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem

Persiapan

Seorang manajer harus menganalisis sistem yang digunakan perusahaan, dengan melihat dari lingkungan perusahaan dan mengidentifikasi subsistem – subsistem perusahaan.

Definisi

Manajer bekerja dari sistem ke subsistem dan menganalisis bagian – bagian sistem menurut urutan tertentu.

Solusi

Manajer mengidentifikasi berbagai solusi alternative, mengevaluasinya, memilih yang terbaik, menerapkannya, dan membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu berjalan sebagai mana mestinya.

Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah

Faktor manusia yaitu seorang manajer dalam perusahaan. Setiap manajer memiliki cara – cara tersendiri untuk memecahkan masalah. Cara mereka dalam merespon masalah, mengumpulkan informasi, dan menggunakannya.

Dalam merespon masalah, manajer dapat melakukan hal – hal berikut :

  • Menghindari masalah, manajer mengambil sikap positif dan menghindari masalah sepanjang perencanaan.
  • Langsung memecahkan masalah, manajer tidak mengulur – ulur waktu. Jika timbul suatu masalah, masalah tersebut dipecahkan.
  • Mencari masalah, manajer mencari masalah – masalah yang ada dalam perusahaan dan menikmati pemecahannya.

Dalam mengumpulkan informasi, seorang manajer menggunakan gaya – gaya atau sikap dalam mengumpulkan informasi. Ada 2 gaya yaitu :

  • Gaya teratur, manajer mengumpulkan informasi dengan menyaring segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
  • Gaya menerima, manajer melihat segala informasi yang ada kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai baginya atau orang lain dalam organisasi.

Penggunaan informasi oleh manajer juga memiliki 2 gaya yaitu :

  • Gaya sistematik, manajer member perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yan telah ditetapkan, misalnya pendekatan sistem.
  • Gaya intuitif, manajer tidak lebih menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.

KESIMPULAN

Keberhasilan suatu perusahaan dalam memecahkan masalah, tidak terlepas dari peran penting seorang manajer. Manajer melakukan pendekatan sistem dan membuat keputusan dengan baik sehingga masalah dalam perusahaan dapat terpecahkan.

DAFTAR PUSTAKA

http://imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3101/SIM1-Pendekatan.pdf