Warung Online

October 03, 2011

E-COMMERCE

PENDAHULUAN

Walaupun istilah Electronic Commerce (E-Commerce) baru beberapa tahun terakhir mendapat perhatian, sebenarnya e-commerce telah ada dalam berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun. Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an. Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machine (ATM) dan perbankan via telepon di tahun 1990-an juga merupakan bentuk – bentuk e-commerce.

PEMBAHASAN

Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik

Banyak perusahaan telah berpindah menggunakan e-commerce karena :
  • Perusahaan dapat menjangkau pelanggan dari seluruh dunia. Dengan memperluas bisnis, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
  • Pengurangan sejumlah biaya tambahan

Konsumen juga bisa membeli / menjual produk yang diinginkan dengan mudah.

Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik

Dalam prakteknya, e-commerce terdapat beberapa kendala – kendala sebagai berikut :

  • Kurangnya dukungan dari pemerintah
  • Perkembangan infrastruktur yang lambat
  • Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas

Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik

Hal yang penting dalam melakukan perdagangan melalui jalur elektronik adalah memahami setiap elemen – elemennya. Informasi yang menjelaskan elemen – elemen disebut dengan intelijen. Cakupan intelijen ada 5 yaitu :
  • Mengumpulkan data (data primer dan sekunder)
  • Mengevaluasi data sebelum digunakan
  • Menganalisa data dari berbagai sudut
  • Menyimpan intelijen dengan baik agar memudahkan pengembalian lagi
  • Meyebarkan intelijen

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan elektronik

  • Penyediaan jasa yang mudah, dan cepat untuk proses pembelian dan penjualan
  • Penyediaan informasi tentang barang dan jasa yang digunakan
  • Penyediaan fasilitas yang baik
  • Memberikan perhatian khusus terhadap setiap pelanggan

Sistem Antar Organisasi (IOS)

adalah kombinasi antara perusahaan – perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem.

Manfaat IOS

  • Mitra dagang perusahaan dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya asli.
  • Dapat menggunakan kekuatan tawar – menawar untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
  • Perusahaan dapat memberikan layanan yang baik pada pelanggannya
  • Perusahaan dapat mengurangi biaya belanja.

Pertukaran Data Elektronik (EDI)

EDI (Electronic Data Interchange ) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.

Hubungan EDI yang umum

Suatu perusahaan berkaitan dengan pemasoknya (supply side) dan juga dengan pelanggan (customer side).

Standar EDI

Standar EDI terletak pada kodifikasi dan strukturisasi data menjadi sebuah format yang umum disetujui. Contoh standar EDI : EDIFACT, BACS, ODETTE, dan ANSI X12.

Tingkat penerapan EDI

  • Pemakai tingkat satu

Hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.

  • Pemakai tingkat dua

Banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang melampaui lini industry.

  • Pemakai tingkat tiga

Set transaksi yang ditransmisikan sangat banyak ke banyak mitra dagang, dan aplikasi komputer perusahaa disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Manfaat EDI

Ada beberapa manfaat dalam penggunaan EDI, yaitu :

  • Pengehematan waktu
  • Penghematan biaya
  • Meminimalisasi kesalahan
  • Respon yang cepat

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Ada tiga pilihan teknologi utama, yaitu :

  • Sambungan langsung (Direct Connectivity)
  • Jaringan bernilai tambah
  • Internet

KESIMPULAN

Dengan kemudahan dan keuntungan yang dimiliki oleh e-commerce, suatu perusahaan dapat meningkatkan profit dan efisiensi waktu. Meskipun demikian, keamanan dalam penggunaan e-commerce perlu diperhatikan, sehingga para pemasok dan pelanggan dapat lebih nyaman dalam bertransaksi.

DAFTAR PUSTAKA

http://e-commerce.site90.net/

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modul_introduction_e-commerce/d.BAB%20I-Pengertian%20E-commerce.pdf

http://yugidwianggoro.wordpress.com/2010/10/30/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-pada-masa-kini/

http://umarhasanpunya.blogspot.com/2011/01/ios-sistem-antar-organisasi.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Pertukaran_data_elektronik

http://okecuy.wordpress.com/2011/01/05/e-commercesistem-antar-organisasi-pertukaran-data-elektronik-edi/