Warung Online

October 10, 2011

DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

PENDAHULUAN

Dalam memecahkan suatu masalah, terjadi proses penyelesaian masalah. Begitu juga dengan komputer, ada yang dinamakan pemrosesan komputer. Dimana dengan hardware dan software, seorang manajer dapat memproses data yang ada menjadi informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

PEMBAHASAN

Arsitektur Komputer

Peralatan input
Adalah peralatan yang digunakan untuk memasukkan data. Peralatan input ada yaitu :

• Keyboard

Salah satu peralatan yang paling umum digunakan dalam menginput adalah keyboard. Suatu input dapat dimasukkan dan diproses oleh komputer dengan cara mengetikan input lewat tombol – tombol pada keyboard.

• Scanner

Alat ini menginput dengan menyinari suatu objek di atas data photo electric.

• Pointing device (alat penunjuk)

Alat ini digunakan dengan mengklik tombol – tombol sehingga mudah untuk mengontrol object. Contoh : Mouse, Touch Screen, Track Ball.

Input pengenal suara
Alat ini digunakan agar kita bisa menginputkan suara kita ke dalam komputer dan bisa kita simpan sebagai data digital. Contoh : Microphone, Automatic Speed Recognation (ASR).


Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder

Pusat pemrosesan dalam suatu komputer, terdapat pada processor atau CPU.
Central Processing Unit (CPU) merupakan pusat dari semua pemrosesan instruksi – intruksi program komputer. Pada CPU terdapat 2 bagian utama yaitu control unit (CU) dan Aritmetic Logic Unit (ALU).

Penyimpanan sekunder disebut juga dengan penyimpanan permanen. Karena memori utama bersifat sementara dan kapasitasnya terlalu kecil, maka untuk menyimpan semua data dan program secara permanen, sistem komputer harus menyediakan penyimpanan sekunder untuk dijadikan back-up memori utama.


Peralatan output
Alat yang digunakan untuk mengeluarkan / menghasilkan data yang telah diproses sebelumnya. Peralatan output ada 3, yaitu :

• Output yang ditampilkan, peralatannya yaitu monitor (CRT dan LCD).
• Output yang dicetak, peralatannya yaitu printer, atau plotter.
• Output suara, peralatannya yaitu speaker, dan headset.


Software
Adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan pengguna. Software banyak digunakan untuk mengontrol perangkat keras atau menghasilkan data informasi.

• Sistem Operasi

Adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, penguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali aplikasi boot diri. Contoh DOS, WINDOWS, LINUX.

• Aplikasi

Adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Contoh : Pengolah kata, pemutar media, dan lembar kerja.

Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah
Peralatan (hardware) dan software dapat memberikan hubungan komunikasi antara manajer dengan komputer. Peralatan tersebut menjalankan peranan langsung dalam pemecahan masalah.


KESIMPULAN

Dalam pemrosesan komputer, hardware dan software harus saling berintegrasi dengan baik. Dimana dalam prakteknya, kekurangan salah satu komponen akan membuat komputer tidak berjalan dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab5_dasar_pemrosesan_komputer.pdf
http://nunufitriani.blogspot.com/2011/01/tugas-sistem-informasi-manajaemen_2470.html
http://konteseoblog.blogspot.com/2010/04/komputer-software-adalah.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Operasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi
http://mohiqbal.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5350/01.Pendahuluan.ppt