Warung Online

October 03, 2011

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN

PENDAHULUAN

Dalam suatu perusahaan, melakukan kegiatan – kegiatan tidak bisa dilakukan dengan begitu saja. Harus ada model sistem yang baik dan benar agar tercapai tujuan perusahaan.

PEMBAHASAN

Model Sistem Umum Perusahaan

Pengertian model

Model adalah penyederhanaan dari sesuatu / mewakili objek atau aktivitas. Pembuatan model selalu merupakan alat pemecahan masalah yang penting.

Model mempunyai 4 jenis dasar yaitu :

  • Model Fisik
  • Model naratif
  • Model grafis
  • Model matematis

Konsep dasar model sistem umum perusahaan

Ada 2 yaitu :

- Sistem Lingkaran Terbuka

Terdiri dari Input, Process, dan Output.

Contoh : Perusahaan manufaktur, mengolah bahan mentah menjadi bahan produksi siap pakai. Faktor – faktor yang mendukung yatu, Material, Personil, Mesin, dan Uang

- Sistem Lingkaran Tertutup

Input, Process, Output, dan Mekanisme Pengendalian. Sistem ini memiliki proses pengendalian atas produk yang dihasilkan dari hasil umpan balik.

Contoh : Laporan penjualan suatu produk yang laris. Laporan tersebut menjadi bahan manajer untuk mencari sebab mengapa produk itu laris.

Penggunaan model sistem umum

Model sistem umum digunakan untuk menjelaskan kegiatan dari perusahaan. Manajer harus mengontrol dan mengawasi arus kegiatan, sehingga produktifitas dalam perusahaan bisa meningkat.

KESIMPULAN

Model sistem umum pada perusahaan salah satu syarat penting dalam menjalankan perusahaan. Dimana model tersebut manjadi gambaran atas keuntungan atau kerugian pada perusahaan. Dalam pembuatan model, dibutuhkan seorang manajer yang mempunyai pengetahuan tentang MIS.

DAFTAR PUSTAKA

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab3_model_sistem_umum_perusahaan.pdf

http://fsolihin.files.wordpress.com/2009/03/si-8-model-sistem-umum-perusahaan.pdf