Warung Online

November 06, 2011

SIKLUS HIDUP SISTEM

PENDAHULUAN

Suatu perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan, menerapkan sistem – sistem untuk mencapai tujuan – tujuan yang diinginkan. Dalam sistem tersebut ada perencanaan – perencanaan yang dibuat sehingga sistem tersebut berjalan dengan baik.

PEMBAHASAN

Dasar Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Komputer

Suatu dasar perencanaan sistem informasi berbasis komputer dapat dilakukan dengan melibatkan orang, uang dan peralatan dalam jumlah yang besar, dan waktu yang panjang. Manfaat dari perencanaan tersebut, yaitu :
• Sebagai dasar pengontrolan kegiatan
• Menetapkan batasan proyek kerja
• Mengatur urutan kerja
• Mengetahui siklus hidup sistem

Siklus Hidup Sistem
Adalah sistem yang menunjukkan suatu proses dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer.

• Fase Perencanaan
Fase dimana manajer menentukan batasan proyek kerja. Manajer juga memberikan perkiraan awal dari sumber daya yang diperlukan. Dalam fase ini juga dapat ditentukan urutan kerja berdasarkan prioritas informasi dan kebutuhan agar efisien.

• Fase Analisis dan Desain
Setelah fase perencanaan selesai dan pengendalian telah berjalan, dilakukan analisis sistem yang telah ada. Manajer menganalisis atau meneliti sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru tau memperbaharui sistem yang telah ada.

• Fase Implementasi
Setelah sistem ada, maka dilakukan pengimplementasian sistem. Fase ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien.

• Fase Operasi
Fase terakhir adalah fase operasi. Fase ini menggunakan sistem yang telah diuji untuk mencapai tujuan perusahaan. Segala kekurangan dalam sistem dapat diperbaiki dan dapat meningkatkan kinerja sistem. Dan setelah sistem berjalan cukup lama, dilakukan evaluasi untuk menentukan apakah memakai sistem yang lama atau sistem yang dirancang ulang.


Prototyping
Yaitu pemberian ide bagi pembuat dan pengguna sistem tentang cara sistem akan berfungsi secara terperinci.

Kelebihan Prototyping adalah meningkatkan komunikasi antara pengguna dan penganalisis sistem, dan penerapan sistem akan lebih mudah dikarenakan pengguna mengetahui secara lengkap tentang sistem yang diberikan.

Kelemahannya adalah bersifat tergesa – gesa, dan tidak realistis dalam operasionalnya.

KESIMPULAN

Dalam sistem yang baik dibutuhkan fase – fase yang mendukung terutama dalam perencanaannya. Setiap fase harus saling terintegrasi satu dengan yang lain sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

DAFTAR PUSTAKA

http://ariearjunaug.blogspot.com/2010/11/dasar-perencanaan-sistem-informasi.html
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22040/Modul_ke_8_sim_ptik.doc
http://dieuphobia.blogspot.com/2011/01/siklus-hidup-sistem.html