Warung Online

November 06, 2011

KOMUNIKASI DATA

PENDAHULUAN

Pada generasi komputer pertama ditemukan, komputer masih belum bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya. Namun karena perkembangan teknologi yang begitu cepat, komputer tidak hanya digunakan secara personal atau di dalam komputer itu sendiri. Komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya melalui internet. Oleh karena itu, komputer dapat mengirim ataupun menerima data dari komputer lain.

PEMBAHASAN

Komunikasi Data
Merupakan suatu bagian dari ilmu komunikasi yang mengkhususkan diri pada penyampaian data atau informasi melalui media elektronika dengan bantuan komputer secara akurat dengan kehandalan yang tinggi.

Model Komunikasi Dasar
Adalah model dasar yang memberikan gambaran bagaimana arus komunikasi antara komputer.


Pengirim > Pembuat Kode > Saluran > pengurai Kode > Penerima



Komunikasi Data pada Komputer
Sistem komunikasi data pada komputer ada 2 macam, yaitu :

• Sistem komunikasi Offline
Adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit). Di mana data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. Di tempat tujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal, data disimpan ke alamat perekam seperti pada disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekam data ini, nantinya dapat diproses oleh komputer.

• Sistem komunikasi Online
Sistem komunikasi Online ini, data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkan. Sistem Komunikasi On line ini dapat berupa:

• Realtime system
 Batch Processing system
 Time sharing system
 Distributed data processing system
 Realtime system

Peralatan Komunikasi Data
• Terminal

• Workstation Mikrokomputer
Mikro computer untuk tujuan umum atau workstation input/ output dengan sirkuit pintar dan CPU.

• Terminal Remote Entry Job
Terminal yang digunakan secara batch dengan menggunakan punched card.

• Terminal Facsimile (FAX)
Terminal yang dapat mentransmisikan gambar yang tepat dari dokumen hard copy melalui jalur telepon dan sirkuit satelit di seluruh dunia.

• Terminal POS (Point Of Sale)
Terminal yang biasa digunakan di supermarket, toko-toko dan departemen store. Terminal tsb dilengkapi dengan sistem untuk transaksi pembelian dan memungkinkan database untuk merefleksikan status perusahaan pada saat itu.

• Terminal Dumb / Intelligent
Terminal Dumb adalah terminal video yang tidak ikut ambil bagian dalam pengontrolan dan pemrosesan tugas. Terminal Intelligent dilengkapi dengan CPU. Semua terminal diatas kecuali fax dapat berupa terminal dumb atau intelligent.

• Modem
Modem adalah alat elektronik yang dapat mengubah (memodulasi) komunikasi digital antara computer ke dalam nada yang dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Data yang diterima kemudian diubah dari suara ke informasi digital.

• Unit Pengontrol Cluster
Alat ini digunakan untuk membuat sambungan antara terminal yang dikontrol dengan peralatan lain.

• Multiplexter
Alat yang memungkinkan penggantian beberapa jalur transmisikecepatan rendah dengan jalur transmisi berkecepatan tinggi.

• Front-End Processor
Front-End Processor melakukan lalu lintas komunikasi data yang masuk dan keluar. Kedua peralatan tersebut dapat berbeda jenis, konfigurasi yang umum adalah jenis khusus minicomputer yang berfungsi sebagai front-end processor dan mainframe sebagai host.

• Host
Host memproses pesan datacom yang masuk setelah diproses data dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor.

Software Komunikasi Data
Software dalam Host
Software datacom dalam Host disebut Telecoummunication monitor.

Kemampuan TCM
Menempatkan pesan dalam urutan tertentu sesuai dengan prioritasnya
Menjalankan fungsi keamanan dengan memelihara log aktifitas bagi tiap terminal
Sebagai interface antara jaringan datacom dan DBMS
Menangani gangguan dalam pemrosesan

Software dalam Front-End Processor
Software datacom dalam front-end processor disebut Network Control Program atau NCP

Fungsi-fungsi NCP :
• Menentukan apakah terminal menggunakan channel
• Memelihara record aktifitas channel
• Mengubah kode yang digunakan oleh satu jenis peralatan ke kode yang lain (IBM à DEC)
• Menjalankan fungsi editing pada data
• Menambah dan menghapus kode rotasi
• Memelihara file histori & statistic pada jaringan

Manajer Jaringan
Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protokol dan media transmisi tertentu. Berdasarkan luas area cakupan yang dicapai jaringan komputer dapat diklasifikan menjadi : Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Luas cakupan LAN lebih kecil dari WAN biasanya terdiri dari sekelompok gedung yang saling berdekatan.

• Topologi Jaringan
Topologi jaringan merupakan suatu cara untuk menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan. Model dari topologi jaringan yang ada antara lain: Star, Loop, ring dan Bus.

• Topologi Star
Pada topologi ini LAN terdiri dari sebuah cntral node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawa komunikasi dalam suatu jaringan. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain maka harus melalui sentral node. Fungsi central node disini sangat penting, biasanya dalam sistem ini harus mempunyai kehandalan yang tinggi.

• Topologi Bus
Pada topologi bus ini, node yang satu dengan node yang lain dihubungkan dengan jalur data atau bus. Semua node memiliki status yang sama antara satu dengan yang lainnya.

• Topologi Loop
Topologi Loop ini menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Semua node memiliki status yang sama. Pada topologi loop ini, setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang berbeda-beda. Topologi ini memiliki kelemahan, jika salah satu node rusak maka akan dapt menyebabkan gangguan komunikasi antar node satu dengan yang lainnya.

• Topologi Ring
Topologi ring atau topologi cincin ini merupakan topologi hasil penggabungan antara topologi loop dengan topologi bus. Keuntungannya adalah bahwa jika salah satu node rusak, maka tidak akan mengganggu jalannya komunikasi antar node karena node yang rusak tersebtu diletakkan terpisah dari jalur data.

• Protokol
Protokol dipergunakan untuk proses komunikasi data dari sistem-sistem yang berbeda-beda. Protokol merupakan sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi tersebut supaya komunikasi dapat berjalan dan dilakukan dengan benar.

Peranan Komunikasi Data dalam Pemecahan Masalah
Dalam suatu komunikasi data yang baik antara satu dengan yang lainnya, memungkinkan pemecahan masalah yang kompleks. Dimana komunikasi yang terjadi dapat mempercepat manajer dalam mengambil keputusan, sehingga lebih efisien.

KESIMPULAN

Komunikasi data cukup penting untuk suatu perusahaan dalam mempermudah pekerjaan manajer. Namun, komunikasi data yang baik harus didukung oleh hardware dan software yang baik juga. Sehingga meskipun berada dalam jarak yang jauh, komunikasi antara komputer dapat berjalan dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

http://elkomb.indonesianforum.net/t32-teori-dasar-komunikasi-data
http://gaswari.wordpress.com/2010/01/07/tugas-komunikasi-data/
http://omar_pahlevi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22742/KOMUNIKASI+DATA.doc