Warung Online

November 06, 2011

MANAJEMEN SUMBER INFORMASI (IRM)

PENDAHULUAN

Pada saat ini, informasi tidak hanya menjadi sumber dalam melakukan kegiatan tertentu. Informasi dapat digunakan untuk meningkatkan posisi perusahaan dalam persaingan pasar. Hal ini menyebabkan, perusahaan harus kembali mengevaluasi peranan fasilitas – fasilitas pelayanan informasi. Maka perusahaan memerlukan suatu metode manajemen baru dalam mengolah informasi yang dinanamakan IRM (Information Resource Management).

PEMBAHASAN

Berbagai Pandangan Tentang IRM

Menurut Tor Guimaraes ada tiga pandangan pokok. Pandangan pertama menyatakan bahwa informasi adalah sebagai sumber yang harus dikelola, yang kedua mengenai pengelolaan siklus hidup sistem, dan yang ketiga berkenaan dengan pengelolaan sumber – sumber yang menghasilkan informasi.

Menurut Mehdi Khosrowpour definisi IRM adalah “Konsep manajemen sumber informasi mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan yang lain, seperti orang, keuangan, peralatan, dan manajemen. Lebih jauh lagi, IRM ini menghendaki adanya manajemen komperhensif terhadap semua komponen teknologi pemrosesan informasi maupun terhadap elemen manusia, agar keduanya dapat mengumpulkan, memproses, menyebarkan, dan mengelola informasi, yang merupakan asset organisasional yang utama.”

Informasi Sebagai Sumber Strategis

Tujuan utama perusahaan adalah mengahasilkan keuntungan dari produk dan jasa yang diberikan pada pelanggannya. Perusahaan harus menjalankan tujuannya tersebut dalam kendala yang diakibatkan oleh lingkungan. Dengan memahami lingkungan perusahaan, manajemen berusaha untuk mengerahkan semua sumber – sumbernya dengan suatu cara agar ia mencapai keuntungan kompetitif. Perusahaan telah mengerti bahwa salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan tersebut adalah informasi.

Perencanaan Strategis Untuk Sumber – Sumber Informasi

Jika suatu perusahaan akan menggunakan informasi sebagai sumber untuk mendapatkan keuntungan kompetitif, maka perusahaan harus mengggunakan perencanaan yang strategis yang bersifat jangka panjang. Kegiatan perencanaan untuk mengidentifikasi sumber – sumber informasi yang akan dating dan cara penggunaanya, dinamakan SPIR (Strategic Planning for Information Resources. Yang menjadi dasar dalam SPIR adalah hubungan antara tujuan perusahaan dan rencananya untuk sumber – sumber informasinya.

Manajemen dan Strategi End User Computing

Selama beberapa tahun, trend operasi pelayanan informasi terpusat telah berubah menjadi trend pendistribusian sumber – sumber komputerisasi ke seluruh perusahaan, terutama dalam bentuk mikrokomputer.
Sebagian besar peralatan yang didistribusikan ini digunakan oleh pemakai yang tidak mempunyai pemahaman komputer secara khusus. Aplikasi – aplikasi dari pemakai ini terdiri atas software tertulis yang telah dibuat oleh bagian unit pelayanan informasi atau diperoleh dari sumber –sumber luar. Namun demikian, ada juga pemakai yang tidak hanya menggunakan komputer. Mereka juga mendesain dan mengimplementasikan aplikasinya sendiri.
Strategi yang dapat digunakan adalah penetapan atau pembangunan pusat informasi. Ini merupakan pemecahan yang dapat diimplementasikan dengan cepat, namun hal ini harus diikuti oleh perubahan – perubahan yang mendasar dari sifat – sifat yang telah permanen.

KESIMPULAN

Suatu perusahaan bila ingin mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah melalui informasi sebagai sumber. Dimana dengan manajemen yang tepat, informasi bisa digunakan secara maksimal dalam kegiatan perusahaan. Penggunaan informasi tidak terlepas dari peranan IT (information Technology) untuk menjaga, memanage, dan menghasilkan informasi yang ada.

DAFTAR PUSTAKA

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/sisteminformasimanajemen/bab19_manajemen_sumber_informasi.pdf