Warung Online

March 18, 2012

KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA

Setelah mengetahui hak warga negara Indonesia, kali ini saya akan membahas tentang kewajiban warga negara Indonesia. Sebelum itu kita harus mengetahui pengertian dari kewajiban. Pendapat saya, kewajiban adalah sesuatu yang seharusnya dilakukan. Kewajiban dan  hak dalam hakikatnya tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Keduanya mempunyai nilai yang sama besar, sehingga dikatakan bahwa kewajiban dan hak harus seimbang dalam kehidupan sehari - hari.

Keduanya juga saling mempengaruhi. Seseorang yang telah melakukan kewajibannya, akan mendapatkan hak yang akan diterimanya. Semakin besar kewajiban seseorang, semakin besar pula hak yang akan diterimanya.

Dalam kehidupan sehari - hari, kewajiban berbeda - beda menurut status atau tanggung jawab yang diterimanya. Sebagai orang tua harus mendidik dan melindungi anaknya. Jika sebagai mahasiswa wajib membayar uang kuliah yang sudah ditentukan. Jika kewajiban itu tidak terpenuhi, maka sepantasnya hak yang diinginkan tidak akan didapatkan juga.

Demikian dalam berbangsa dan bernegara, kewajiban sebagai warga negara tidaklah mudah. Beberapa kewajiban sebagai warga negara Indonesia, yaitu :

  1. Mempunyai kewajiban menjaga dan membela pertahanan negara,
  2. Membayar pajak, dan
  3. Wajib mentaati segala peraturan hukum yang berlaku.
Kewajiban diatas hanya sebagian kecil dari kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
Banyak diantara warga Indonesia dengan kurang melakukan kewajiban yang seharusnya, ingin mendapatkan hak yang sebesar - besarnya. Dimana tidak terjadi keseimbangan. Bahkan, kadang ingin mendapatkan hak terlebih dahulu sedangkan kewajibannya dikesampingkan. 

Kewajiban itu penting dilakukan dengan ikhlas. Tidak hanya berfokus untuk mendapatkan hak, tetapi sebagai tanggung jawab yang harus dilakukan. Dengan melakukan kewajibannya, orang itu akan dipercaya dengan kewajiban yang lebih besar lagi. Jadi dengan terus melakukan kewajibannya, walaupun sekecil apapun ia akan dihormati oleh orang lain.