Warung Online

April 25, 2011

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

PENGERTIAN KOMUNIKASI

Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam. Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan komunikasi hanya dapat terjadi apabila ada seseorang yang mengirim pesan dan adanya yang menerima pesan tersebut.

Di dalam organisasi, komunikasi merupakan alat utama yang digunakan berinteraksi antara anggota untuk berbagai tujuan menurut kepentingannya.


BAGAIMANA MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI

Di dalam organisasi menyampaikan, menyalurkan ide atau gagasan – gagasan ke seluruh struktur organisasi sangat penting. Proses komunikasi dalam menyampaikan suatu tujuan lebih dari pada sekedar menyalurkan pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan dan maksud-maksud secara lisan atau tertulis.

Komunikasi secara lisan pada umumnya lebih mendatangkan hasil dan pengertian yang jelas dari pada secara tertulis. Demikian pula komunikasi secara informal dan secara formal mendatangkan hasil yang berbeda pengaruh dan kejelasannya.

Secara garis besar penyaluran ide terdiri dari :

- Ide atau gagasan pengirim

- Perumusan ide, dimana ada ide atau gagasan pengirim disampaikan dalam kata – kata

- Penyaluran, bisa lisan, tertulis, atau mempergunakan simbol atau isyarat

- Penerimaan, ide diterima oleh penerima pesan

- Pengertian, dimana ide atau gagasan si pengirim diolah menjadi ide baru bagi si penerima

- Tindakan, ide baru tersebut dilaksanakan dan hasilnya menjadi laporan. Kemudian laporan tersebut disampaikan kembali kepada pengirim pesan.


HAMBATAN – HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI

Hambatan – hambatan dalam komunikasi ada tiga :

Hambatan teknis terjadi karena kurang matangnya rencana atau prosedur kerja yang tidak jelas, dan kurangnya pengetahuan atau informasi.

Hambatan semantik terjadi karena dalam proses penyampaian pesan atau ide tidak efektif.

Hambatan manusiawi terjadi karena adanya faktor emosi, dan prasangka pribadi, persepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau katidakmampuan seseorang dalam berkomunikasi.


Sumber :

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/462/jbptunikompp-gdl-isniar-23093-9-11perte-i.pdf

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/393/jbptunikompp-gdl-ihsanmahdi-19611-6-babii.doc

http://kawakib06.multiply.com/journal/item/5/Makalah_Makalah_Komunikasi_dalam_Manajemen_Pendidikan?&=&item_id=5&view:replies=reverse